Mengunjungi Museum Fujiko F. Fujio

By Lalla Pratami - Sabtu, November 17, 2018



Sebagai anak 90-an, rasanya wajib sekali untuk mengunjungi Museum Fujiko F. Fujio ketika berada di Jepang. Saya bahkan masih ingat sekali salah satu komik yang dibeli pertama kali ketika baru bisa baca adalah Doraemon no. 20. Bukan hanya mengoleksi semua komik Doraemon baik yang regular maupun petualangan (dan hapal ceritanya!), tapi juga selalu menonton kartunnya tiap hari Minggu di tv.

Kafka was having his 4th birthday there :)

Oh iya, pastikan sudah membeli tiket sebelum datang ke museumnya, ya. Karena di museum tidak menjual tiket masuk. Untuk membeli tiket Museum Fujiko F. Fujio, bisa dengan membeli di Lawson (yang di Jepang ya, bukan di Jakarta ahaha), ataupun beli secara online di website Museum langsung atau di penyedia jasa travel seperti klook. Kalau kemarin sih saya beli langsung di Lawson malam sebelumnya dengan sedikit drama, karena mas-mas yang jaga cukup kesusahan berbahasa Inggris.

Saya: "Can I buy Fujiko F. Fujio Museum ticket here?"
Mas2 Lawson dengan muka bingung dan terbata-bata: "Can you speak english?"
*stress*

Anyway, setelah dia panggil temannya, akhirnya si temannya ini ngerti kalau saya dari tadi ngomong Bahasa Inggris dan bisa memproses tiket Fujiko F. Fujio museum. Jadi ada mesin yang memang khusus untuk beli tiket (seperti di beberapa indomaret), dan kita tinggal pilih tanggal serta jam yang diinginkan. Ada pilihan 4 jam; jam 10, 12, 14, dan 16. Museumnya sendiri kalau gak salah tutup jam 6 sore. Harga tiketnya adalah 1000 Yen untuk dewasa, dan 500 Yen untuk anak-anak (4 tahun sudah bayar).

Setelah tiket sudah terbeli, tinggal berangkat menuju museumnya. Lokasi museum ini memang bukan berada di Tokyo, tapi cukup mudah dijangkau dari Tokyo--bahkan cukup satu kali naik kereta saja dari Stasiun Shinjuku. Cara menuju Museum Fujiko F. Fuji dari Stasiun Shinjuku, bisa naik jalur Odakyu Line ke arah Odawara (Platform 5), lalu turun di Stasiun Noborito. Setelah sampai di Stasiun Noborito, keluar dan mencari halte bus untuk naik shuttle bus menuju Museum Fujiko F. Fujio hanya dengan membayar 200 yen saja.

shuttle bus doraemon museum
shuttle bus doraemon

Saya sampai di museum kira-kira 5 menit sebelum jam 10, lalu langsung digiring untuk mengantri masuk ke museum. Setelah itu, memilih bahasa audio yang mau digunakan di semacam walkie talkie kecil. Jadi, tiap orang yang masuk akan diberikan walkie talkie kecil yang isinya adalah rekaman dari medium atau karya yang ada di Museum. Jika kita ingin tahu cerita dibalik gambar atau karya yang dipajang, tinggal memencet angka yang ada di dekat karya tersebut dan mendengar lewat walkie talkie tersebut. Seingat saya pilihannya ada Bahasa Jepang, Korea, dan Inggris. Di ruangan pameran/instalasi ini tidak boleh foto, jadi gak ada fotonya hehe.. Oh iya, stroller gak boleh masuk ke dalam museum, dan ada penitipannya di dekat meja pengambilan walkie talkie tersebut.

yang dikalungin Kafka itu audio seperti walkie talkie :)

Selain pameran karya dan sejarah Fujiko F. Fujio, ada juga beberapa permainan seperti gacha-gacha doraemon, perpustakaan kecil dengan buku-buku doraemon bermacam bahasa, bioskop mini yang menayangkan film doraemon dan karya lain Fujiko F. Fujio, playground mini (Kafka betah banget!), restauran, dan taman luar dengan banyak instalasi tokoh-tokoh Fujiko F. Fujio dan lainnya (dorami, p-man, doraemon, pintu kemana saja, pipa tempat main Nobita dan kawan-kawan).

instalasi sumur Giant dimana kita bisa pompa sampai Giant muncul keluar sumur
perpustakaan mini
di pipa tempat bermain Nobita dan teman-temannya
instalasi telepon mau apa saja
Setelah puas berkeliling, bahkan lebih lama dari rencana karena Kafka betah banget, kita pun kembali ke Stasiun Noborito dengan naik shuttle bus yang sama. Setelah itu, balik lagi ke Stasiun Shinjuku dan continue the Tokyo Trip.

playground mini yang bikin Kafka betah banget

Overall, Kafka senang banget main di Museum Fujiko F. Fujio. Dia bahkan minta main ke Fujiko F. Fujio Museum lagi. Semoga ada kesempatannya ya..

  • Share:

You Might Also Like

0 COMMENT;